Kecerdasan manusia sering dilihat dari pengetahuan yang dimilikinya dan yang
lebih penting dilihat dari cara bagaimana seseorang bertindak. HoM merupakan
salah satu dimensi hasil belajar jangka panjang (learning outcomes). Memiliki HoM yang baik berarti to behave intelligently (memiliki watak
berperilaku cerdas) ketika menghadapi masalah, atau jawaban yang tidak segera
diketahui. Masalah di sini didefinisikan sebagai stimulus, pertanyaan, tugas, fenomena,
ketidaksesuaian ataupun penjelasan yang tidak segera diketahui. Dalam
memecahkan masalah yang kompleks, dituntut strategi penalaran, wawasan, ketekunan,
kreativitas dan keahlian anak didik. HoM terbentuk ketika merespon jawaban
pertanyaan atau masalah yang jawabannya tidak segera diketahui, sehingga kita
bisa mengobservasi bagaimana anak didik mengingat dan bagaimana anak didik menghasilkan
sebuah pengetahuan.
HoM dapat dibagi ke dalam
tiga kategori yaitu: self regulation, critical thinking dan creative thinking.
Self regulation meliputi:
a.
Menyadari
pemikirannya sendiri.
b.
Mampu
membut rencana yang efektif.
c.
Menyadari
dan mengguna-kan sumber informasi yang dianggap berguna.
d.
Sensitif
terhadap umpan balik.
e.
Mengevaluasi
efektifitas tindakannya.
Critical thinking meliputi:
a.
Bersikap
akurat dan mencari informasi.
b.
Jelas
dan mencari kejelasan.
c.
Bersikap
terbuka
d.
Menahan
diri dari sifat impulsif.
e.
Mampu
menempatkan diri ketika ada jaminan.
f.
Bersikap
sensitif dan tahu kemampuan pengetahuan temannya.
Creative thinking meliputi:
a.
dapat
melibatkan diri dalam tugas meski jawaban dan solusinya tidak segera nampak,
b.
melakukan
usaha semaksimal kemampuan dan pengetahuannya,
c.
membuat,
menggunakan, memperbaiki standar evaluasi yang dibuatnya sendiri,
d.
menghasilkan
cara baru melihat situasi yang berbeda dari cara biasa yang berlaku pada
umumnya.
HoM memerlukan banyak keterampilan
majemuk, sikap, pengalaman masa lalu dan kecenderungan. Hal ini berarti bahwa
kita menilai satu pola berpikir terhadap yang lainnya. Oleh karena hal tersebut
menunjukkan bahwa kita harus memiliki pilihan pola mana yang akan digunakan
pada waktu tertentu. Termasuk juga kemampuan apa yang diperlukan untuk
mengatasi sesuatu di lain waktu, sehingga HoM dapat dijabarkan menjadi:
•
value,
memilih menggunakan pola perilaku cerdas daripada pola lain yang kurang
produktif
•
inclination,
kecenderungan, perasaan dan tendensi untuk menggunakan pola perilaku cerdas.
•
sensitivity,
tanggap terhadap kesempatan dan kelayakan menggunakan pola perilaku.
•
capability,
memiliki keterampilan dasar dan kapasitas dalam hubungannya dengan perilaku.