RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 1
Bandung
Mata
Pelajaran : IPA
(Fisika)
Kelas/Semester : VIII/1
Materi
Pokok : Hukum
Newton (Gerak Pada Benda)
Alokasi
Waktu : 4 pertemuan
(8 JP)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1. 1.Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1. 2. Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2. 1.Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2. 2.Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3. 1.Memahami
gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak, serta penerapannya pada gerak
makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
Indikator:
3. 1.
8. Menjelaskan
konsep pasangan gaya aksi-reaksi
3. 1.
9. Menganalisis
pasangan gaya aksi-reaksi pada benda
3. 1.
10.Menjelaskan penerapan ketiga Hukum
Newton dalam kehidupan sehari-hari
4. 1.Melakukan
penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang
pengaruh gaya terhadap gerak
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
3
1. Melalui
kegiatan mengamati video dalam π-log,
peserta didik dapat menyelidiki gaya aksi-reaksi yang terjadi pada dua benda.
2. Melalui
diskusi kelompok, peserta didik dapat menjelaskan konsep gaya aksi-reaksi.
3. Melalui
kegiatan mengamati gambar dalam π-log,
peserta didik dapat menganalisis pasangan gaya aksi-reaksi pada benda dan
menjelaskan penerapan ketiga Hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari
4. Melalui
kegiatan presentasi, peserta didik dapat menyatakan hasil penalaran,
membenarkan prosedur, dan menyajikan argumen.
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 3
-
Gaya aksi-reaksi
-
Hukum III Newton
E.
Metode
Pembelajaran
Metode : Praktikum, Diskusi, Ceramah
Pendekatan : Saintifik
Strategi : π-log
Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. π-log (berisi
teks, dan gambar, dan video tentang pembelajaran terkait)
2. Alat
dan bahan
a. Percobaan
Hukum III Newton: balon, bola
3. Sumber
belajar
a. Buku
pegangan peserta didik
b. π-log
c. Sumber
lain yang relevan (Internet dan video animasi)
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
2 (3 JP)
Guru
|
Peserta didik
|
Aspek KBK yang diharapkan muncul
|
KD
|
Waktu (menit)
|
Pendahuluan
(10 menit)
|
||||
Guru mengucapkan salam dan menyapa
peserta didik
|
Peserta didik menjawab salam dan
sapaan dari guru
|
3
|
||
Guru meminta wakil peserta didik untuk
memimpin doa sebelum pembelajaran
|
Peserta didik berdoa bersama guru
untuk memulai pembelajaran
|
|||
Guru menunjukkan video di dalam π-log tentang peluncuran roket dan
roket sederhana dari botol
|
Peserta didik mengamati video yang
ditunjukkan guru
|
2. 1
|
5
|
|
Guru memberikan pertanyaan kepada
peserta didik, “Bagaimana roket
meluncur?”
|
Peserta didik mengemukakan pendapatnya
|
Analysis,
explanation
|
||
Guru memberikan informasi tujuan dan
kegiatan pembelajaran mengenai Hukum III Newton
|
Peserta didik memahami tujuan
pembelajaran yang disampaikan guru
|
2
|
||
Kegiatan
inti (55 menit)
|
||||
Guru membagi peserta didik menjadi
delapan kelompok
|
Peserta didik menempatkan diri untuk
duduk secara berkelompok
|
3
|
||
Guru meminta perwakilan kelompok untuk
mengambil LKS dan membuka situs π-log
|
Perwakilan setiap kelompok peserta
didik mengambil LKS kemudian membagikan LKS kepada masing-masing anggota
kelompoknya
|
|||
Guru memfasilitasi peserta didik untuk
melakukan kegiatan menganalisis video dan gambar yang terdapat dalam π-log tentang pasangan gaya
aksi-reaksi dan penerapan ketiga hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
Peserta didik melakukan kegiatan
menganalisis video dan gambar yang terdapat dalam π-log (LKS 3 terlampir)
|
Interpretation,
analysis, inference, explanation, self regulation
|
1. 1
1. 2
2. 1
2. 2
3. 1
|
10
|
Guru berkeliling memonitor, mengawasi,
dan membimbing peserta didik
|
||||
Guru menyarankan peserta didik untuk
mempelajari bagian Hukum III Newton
|
Peserta didik secara berkelompok
berdiskusi kegiatan yang dilakukan dan menjawab pertanyaan pada LKS
|
20
|
||
Guru secara acak meminta beberapa
wakil kelompok untuk mengungkapkan hasil diskusinya
|
Perwakilan kelompok yang ditunjuk mengungkapkan
hasil diskusinya
|
Explanation
|
17
|
|
Penutup
(15 menit)
|
||||
Guru membimbing peserta didik untuk
menarik kesimpulan
|
Peserta didik menyimpulkan hasil
pembelajaran yang telah dilakukan:
-
Hukum III Newton menjelaskan tentang gaya
aksi-reaksi pada dua benda
-
Saat sebuah benda pertama memberikan gaya pada
benda kedua (disebut gaya aksi), benda kedua akan memberikan gaya yang sama
besar pada benda pertama (disebut gaya reaksi)
-
Gaya aksi-reaksi selalu sama besar tapi arahnya
berlawanan (Faksi = Freaksi) dan bekerja pada dua benda
yang berbeda
-
Hukum-hukum Newton berlaku dalam kehidupan tanpa
terpisahkan satu sama lain.
|
Interpretation,
inference, analysis explanation, evaluation
|
4
|
|
Guru meminta peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan terkait pembelajaran hari ini
|
Peserta didik mengajukan pertanyaan
|
4
|
||
Guru melempar pertanyaan yang diajukan
untuk dijawab oleh peserta didik lain
|
Peserta didik lain menjawab pertanyaan
yang diajukan
|
Explanation
|
||
Guru meminta peserta didik
menganalisis sebuah gambar dalam π-log tentang
penerapan hukum-hukum Newton dalam kehidupan
|
Peserta didik menggunakan hukum-hukum
Newton dalam menganalisis gambar yang disajikan
|
Analysis,
evaluation, explanation
|
4
|
|
Guru memberikan konfirmasi dan
memotivasi peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa
gaya aksi-reaksi yang merupakan wujud kebesaran Tuhan sehingga dapat kita
manfaatkan seperti dalam meluncurkan roket
|
Peserta didik mengamati penjelasan
|
3
|
||
Guru
memberikan informasi bahwa untuk pembelajaran selanjutnya akan diadakan tes
tulis, guru menyarankan peserta didik untuk mempelajari materi baik dari buku
siswa maupun π-log
|
||||
Guru mengucapkan salam
|
Peserta didik menjawab salam yang
diucapkan guru
|
H.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Penilaian
Kinerja
Dilaksanakan selama proses
percobaan dengan menggunakan teknik penilaian sebagai berikut:
a. Penilaian : Observasi
b. Instrumen : Lembar observasi
c. Format
penilaian :
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
||
3
|
2
|
1
|
|
Mengamati
|
|||
Menanya
|
|||
Mengumpulkan data
|
|||
Mengomunikasikan
|
|||
Jumlah Skor yang
Diperoleh
|
d. Rubrik :
Aspek
|
Indikator
|
Rubrik
|
Skor
|
Mengamati
|
Mengamati proses percobaan
|
Mengamati percobaan secara serius (tidak
main-main, fokus) dan teliti.
|
3
|
Mengamati percobaan kurang serius
(terkadang memainkan hp, mengobrol dengan teman, melamun) dan kurang teliti
(menjatuhkan alat, menyimpan alat pada posisi yang tidak seharusnya).
|
2
|
||
Tidak mengamati proses percobaan.
|
1
|
||
Menanya
|
Terlibat dalam diskusi
|
Terlibat aktif (menyatakan pendapat/menanya
dan/atau memberikan solusi) dalam diskusi
|
3
|
Terlibat pasif (hanya mengikuti diskusi
tanpa memberikan pendapat/menanya atau memberikan solusi) dalam diskusi
|
2
|
||
Tidak terlibat dalam diskusi
|
1
|
||
Mengumpul-kan data
|
Melakukan percobaan
|
Melakukan praktik yang sesuai dengan
seluruh prosedur yang ada.
|
3
|
Melakukan praktik hanya dengan sebagian
prosedur yang ada.
|
2
|
||
Tidak melakukan praktik yang sesuai dengan
prosedur yang ada.
|
1
|
||
Meng-komunikasi-kan
|
Meng-komunikasikan hasil percobaan
|
Mengomunikasikan hasil percobaan dengan
benar dan bahasa yang mudah dimengerti.
|
3
|
Mengomunikasikan hasil percobaan dengan
kurang benar dan/atau bahasa yang kurang dimengerti.
|
2
|
||
Mengomunikasikan hasil praktik dengan tidak
benar, bahasa sulit dimengerti, atau tidak mengomunikasikan sama sekali
|
1
|
2. Penilaian
Afektif
Dilaksanakan secara terpadu selama
proses pembelajaran dengan menggunakan teknik penilaian sebagai berikut:
a. Penilaian : Daftar ceklis
b. Instrumen : Penilaian diri dan penilaian
teman sebaya
c. Format
penilaian :
No
|
Nama anggota kelompok
|
Kejujuran
|
Ketelitian
|
Kerja sama
|
Tanggung Jawab
|
||||||||||||
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
||
1
|
|||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||
…
|
d. Rubrik :
Aspek
|
Deskripsi
|
Skor
|
|||
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
||
Kejujuran
|
Menuliskan hasil percobaan sesuai
dengan data yang diperoleh
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketelitian
|
Melakukan percobaan dan menjawab
pertanyaan dengan teliti (tidak asal-asalan)
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Kerja sama
|
Mampu bekerja sama dalam setiap
kegiatan kelompok
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Tanggung jawab
|
Menggunakan dan menyimpan alat
percobaan dengan benar
|
4
|
3
|
2
|
1
|
2. Penilaian
Kognitif
Dilakukan setelah selesai
pembelajaran dalam bentuk ulangan harian dengan teknik penilaian sebagai
berikut:
a. Penilaian : Tes tulis
b. Instrumen : PG beralasan
c. Rubrik :
Jawaban
|
Alasan
|
Nilai
|
Benar
|
Benar
|
4
|
Benar
|
Kurang
tepat/kurang lengkap
|
3
|
Salah
|
Benar
|
2
|
Benar
|
Salah/tidak
ada
|
1
|
Salah
|
salah
|
0
|