RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 1
Bandung
Mata
Pelajaran : IPA
(Fisika)
Kelas/Semester : VIII/1
Materi
Pokok : Hukum
Newton (Gerak Pada Benda)
Alokasi
Waktu : 4 pertemuan
(8 JP)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1. 1.Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1. 2. Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2. 1.Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2. 2.Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3. 1.Memahami
gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak, serta penerapannya pada gerak
makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
Indikator:
3. 1.
5. Mengidentifikasi
gerak benda yang memiliki resultan gaya tidak sama dengan nol
3. 1.
6. Menyelidiki
hubungan gaya dan massa terhadap percepatan benda
3. 1.
7. Menggunakan
Hukum Newton II untuk menghitung percepatan benda atau variabel-variabel yang
memengaruhinya
4. 1.Melakukan
penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang
pengaruh gaya terhadap gerak
Indikator:
4. 1. 2. Melakukan percobaan
tentang pengaruh resultan gaya dan massa benda terhadap percepatan benda
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
2
1. Melalui
kegiatan demonstrasi, peserta didik dapat mengidentifikasi gerak benda yang
memiliki resultan gaya tidak sama dengan nol.
2. Melalui
kegiatan mengamati video animasi dalam π-log,
peserta didik dapat memprediksi pengaruh resultan gaya dan massa benda terhadap
percepatan benda.
3. Melalui
kegiatan percobaan, peserta didik dapat menyelidiki pengaruh resultan gaya dan
massa terhadap percepatan benda.
4. Melalui
diskusi kelompok, peserta didik dapat menjelaskan hubungan resultan gaya dan
masa benda dengan percepatan benda.
5. Melalui
kegiatan presentasi, peserta didik dapat menyatakan hasil percobaan,
membenarkan prosedur, dan menyajikan argumen.
6. Melalui
kegiatan latihan soal, peserta didik dapat menghitung percepatan benda dari
soal yang diberikan guru.
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 2
-
Resultan gaya
-
Hukum II Newton
E.
Metode
Pembelajaran
Metode : Demonstrasi, Praktikum, Diskusi, Ceramah
Pendekatan : Saintifik
Strategi : π-log
Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. π-log (berisi
teks, dan gambar, dan video tentang pembelajaran terkait)
2. Alat
dan bahan
a. Percobaan
Hukum II Newton: balok, beban, pengait beban, stopwatch, katrol, tali, kereta
3. Sumber
belajar
a. Buku
pegangan peserta didik
b. π-log
c. Sumber
lain yang relevan (Internet dan video animasi)
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
2 (3 JP)
Guru
|
Peserta didik
|
Aspek KBK yang diharapkan muncul
|
KD
|
Waktu (menit)
|
Pendahuluan
(25 menit)
|
||||
Guru mengucapkan salam dan menyapa
peserta didik
|
Peserta didik menjawab salam dan
sapaan dari guru
|
3
|
||
Guru meminta wakil peserta didik untuk
memimpin doa sebelum pembelajaran
|
Peserta didik berdoa bersama guru
untuk memulai pembelajaran
|
|||
Guru melakukan demonstrasi menggunakan
sebuah balok yang dihubungkan dengan beban yang digantung di sisi kanan dan
kirinya menggunakan tali dan katrol
|
Peserta didik mengamati demonstrasi
|
2. 1
3. 1
|
2
|
|
Guru memberikan pertanyaan kepada
peserta didik, “Masih ingatkah kalian,
mengapa balok tetap diam padahal beban-beban yang digantung memberikan gaya
kepada balok?”
|
Peserta didik menjawab, “Masih. Balok tetap diam karena resultan
gaya yang bekerja pada balok sama dengan nol.”
|
Interpretation,
analysis, explanation
|
||
Guru melanjutkan demonstrasi dengan
melepaskan beban gantung di sisi kanan tetapi balok tetap tidak bergerak
|
Peserta didik mengamati demonstrasi
|
4
|
||
Guru kembali memberikan pertanyaan, “Berapa resultan gaya yang bekerja pada
balok sekarang?”
|
Peserta didik menjawab, “Masih nol karena balok tetap tidak
bergerak.”
|
Analysis,
explanation
|
||
“Apakah
beban yang digantung pada balok memberikan gaya?”
|
“Ya.”
|
|||
“Baik,
coba ajukan pertanyaan terkait fenomena ini!”
|
Peserta didik bertanya “Mengapa balok tetap diam padahal beban
memberikan gaya ke sebelah kiri padanya?”, “Gaya apa yang menandingi gaya yang diberikan oleh beban pada benda
sehingga resultan gaya benda sama dengan nol? ”
|
2
|
||
“Bagus.
Siapa yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan?”
|
“Saya.
Pada balok terdapat gaya gesek yang arahnya ke kanan.”
|
Analysis, explanation
|
2. 1
3. 1
|
3
|
Guru memberikan konfirmasi dan meminta
peserta didik bertepuk tangan untuk peserta didik yang telah menjawab
pertanyaan dengan benar
|
Peserta didik bertepuk tangan
|
2. 2
|
1
|
|
Guru melanjutkan demonstrasi dengan
menambahkan tiga beban di sisi sebelah kiri balok sehingga balok bergerak
|
Peserta didik mengamati demonstrasi
|
2. 1
3. 1
|
2
|
|
Guru memberikan pertanyaan, “Mengapa balok bergerak?”
|
Peserta didik menjawab, “Balok bergerak karena resultan gaya yang
bekerja pada balok tidak sama dengan nol.”
|
Analysis,
explanation
|
||
“Jika
setiap beban yang digantung memberikan gaya sebesar 0,5 N, berapa resultan
gaya yang bekerja pada balok?”
|
“2
N.”
|
2
|
||
“2
N ke arah mana?”
|
“Kiri.”
|
|||
Guru memberikan konfirmasi, “Ya, bagus. Kalian perlu ingat bahwa gaya
merupakan besaran vektor yang tidak hanya memiliki nilai tapi juga memiliki
arah. Berbicara mengenai gaya atau resultan gaya, bukan hanya perlu
menyebutkan besarnya saja tetapi juga dengan arahnya.”
|
Peserta didik menyimak penjelasan guru
|
1
|
||
Guru menunjukkan video di dalam π-log tentang seseorang yang mendorong
dua ayunan yang dinaiki orang kurus dan orang gemuk dengan gaya yang sama dan
sebuah ayunan yang didorong dengan lemah lalu didorong dengan kuat.
|
Peserta didik mengamati video yang
ditunjukkan guru
|
2. 1
|
1
|
|
Guru memberikan pertanyaan kepada
peserta didik, “Mengapa ayunan yang
dinaiki orang kurus lebih cepat bergerak? Lalu mengapa ayunan yang didorong
dengan lebih kuat juga lebih cepat bergerak?”
|
Peserta didik mengemukakan pendapatnya
|
Explanation
|
3
|
|
Guru memberikan klarifikasi dan
informasi mengenai tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran mengenai
Hukum II Newton
|
Peserta didik memahami tujuan
pembelajaran yang disampaikan guru
|
1
|
||
Kegiatan
inti (55 menit)
|
||||
Guru membagi peserta didik menjadi
delapan kelompok
|
Peserta didik menempatkan diri untuk
duduk secara berkelompok
|
2
|
||
Guru meminta perwakilan kelompok untuk
mengambil alat percobaan dan LKS
|
Perwakilan setiap kelompok peserta
didik membagikan mengambil alat percobaan dan LKS kemudian membagikan LKS
kepada masing-masing anggota kelompoknya
|
|||
Guru memfasilitasi peserta didik untuk
melakukan percobaan
|
Peserta didik melakukan kegiatan
percobaan (LKS 2 terlampir)
|
1. 1
1. 2
2. 1
2. 2
3. 1
4. 1
|
13
|
|
Guru berkeliling memonitor, mengawasi,
dan membimbing peserta didik
|
||||
Guru menyarankan peserta didik untuk
mempelajari bagian Hukum II Newton
|
Peserta didik secara berkelompok
berdiskusi mengenai percobaan yang dilakukan dan menjawab pertanyaan pada LKS
|
Interpretation,
analysis, inference, explanation, self regulation
|
20
|
|
Guru secara acak meminta beberapa
wakil kelompok untuk mengungkapkan hasil diskusinya
|
Perwakilan kelompok yang ditunjuk
mengungkapkan hasil diskusinya
|
Explanation
|
20
|
|
Penutup
(40 menit)
|
||||
Guru membimbing peserta didik untuk
menarik kesimpulan
|
Peserta didik menyimpulkan hasil
pembelajaran yang telah dilakukan:
-
Pada saat resultan gaya benda tidak sama dengan
nol, benda akan bergerak
-
Resultan gaya yang dikenakan pada benda berbanding
lurus dengan percepatan benda tersebut
-
Massa benda berbanding terbalik dengan percepatan
benda tersebut
-
Hukum II Newton membahas tentang pengaruh resultan
gaya dan massa terhadap percepatan benda yang dapat dirumuskan sebagai:
|
Interpretation,
inference, analysis explanation, evaluation
|
3. 1
|
5
|
Guru menunjukkan video konfirmasi di
dalam π-log tentang Hukum II Newton
|
Peserta didik mengamati video
|
2
|
||
Guru meminta peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan terkait pembelajaran pertemuan ini
|
Peserta didik mengajukan pertanyaan
|
2. 1
|
2
|
|
Guru melempar pertanyaan yang diajukan
untuk dijawab oleh peserta didik lain
|
Peserta didik lain menjawab pertanyaan
yang diajukan
|
2. 1
|
3
|
|
Guru meminta peserta didik mengerjakan
soal latihan yang ditunjukkan dalam π-log
|
Peserta didik menggunakan Hukum II
Newton dalam menghitung percepatan benda berdasarkan soal yang ditunjukkan
|
Analysis,
evaluation, explanation
|
2. 1
3. 1
|
12
|
Guru memberikan konfirmasi, guru
menugaskan kepada peserta didik untuk membuka π-log dan mengerjakan latihan soal mengenai penerapan Hukum II
Newton untuk menghitung percepatan benda atau variabel-variabel yang
memengaruhinya sesuai dengan postingan yang ada
|
Peserta didik mengamati penjelasan
|
5
|
||
Guru memotivasi peserta didik untuk selalu
bersyukur atas karunia Tuhan berupa gaya yang dapat kita lakukan dan
alat-alat yang kita ciptakan untuk membantu aktivitas manusia yang merupakan
wujud kebesaran Tuhan
|
1. 1
1. 2
|
|||
Guru memberikan informasi bahwa materi
untuk pembelajaran selanjutnya adalah Hukum III Newton, guru menyarankan
peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnyanya baik dari buku siswa
maupun π-log
|
||||
Guru mengucapkan salam
|
Peserta didik menjawab salam yang
diucapkan guru
|
H.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Penilaian
Kinerja
Dilaksanakan selama proses
percobaan dengan menggunakan teknik penilaian sebagai berikut:
a. Penilaian : Observasi
b. Instrumen : Lembar observasi
c. Format
penilaian :
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
||
3
|
2
|
1
|
|
Mengamati
|
|||
Menanya
|
|||
Mengumpulkan data
|
|||
Mengomunikasikan
|
|||
Jumlah Skor yang
Diperoleh
|
d. Rubrik :
Aspek
|
Indikator
|
Rubrik
|
Skor
|
Mengamati
|
Mengamati proses percobaan
|
Mengamati percobaan secara serius (tidak
main-main, fokus) dan teliti.
|
3
|
Mengamati percobaan kurang serius
(terkadang memainkan hp, mengobrol dengan teman, melamun) dan kurang teliti
(menjatuhkan alat, menyimpan alat pada posisi yang tidak seharusnya).
|
2
|
||
Tidak mengamati proses percobaan.
|
1
|
||
Menanya
|
Terlibat dalam diskusi
|
Terlibat aktif (menyatakan pendapat/menanya
dan/atau memberikan solusi) dalam diskusi
|
3
|
Terlibat pasif (hanya mengikuti diskusi
tanpa memberikan pendapat/menanya atau memberikan solusi) dalam diskusi
|
2
|
||
Tidak terlibat dalam diskusi
|
1
|
||
Mengumpul-kan data
|
Melakukan percobaan
|
Melakukan praktik yang sesuai dengan
seluruh prosedur yang ada.
|
3
|
Melakukan praktik hanya dengan sebagian
prosedur yang ada.
|
2
|
||
Tidak melakukan praktik yang sesuai dengan
prosedur yang ada.
|
1
|
||
Meng-komunikasi-kan
|
Meng-komunikasikan hasil percobaan
|
Mengomunikasikan hasil percobaan dengan
benar dan bahasa yang mudah dimengerti.
|
3
|
Mengomunikasikan hasil percobaan dengan
kurang benar dan/atau bahasa yang kurang dimengerti.
|
2
|
||
Mengomunikasikan hasil praktik dengan tidak
benar, bahasa sulit dimengerti, atau tidak mengomunikasikan sama sekali
|
1
|
2. Penilaian
Afektif
Dilaksanakan secara terpadu selama
proses pembelajaran dengan menggunakan teknik penilaian sebagai berikut:
a. Penilaian : Daftar ceklis
b. Instrumen : Penilaian diri dan penilaian
teman sebaya
c. Format
penilaian :
No
|
Nama anggota kelompok
|
Kejujuran
|
Ketelitian
|
Kerja sama
|
Tanggung Jawab
|
||||||||||||
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
||
1
|
|||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||
…
|
d. Rubrik :
Aspek
|
Deskripsi
|
Skor
|
|||
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
||
Kejujuran
|
Menuliskan hasil percobaan sesuai
dengan data yang diperoleh
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketelitian
|
Melakukan percobaan dan menjawab
pertanyaan dengan teliti (tidak asal-asalan)
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Kerja sama
|
Mampu bekerja sama dalam setiap
kegiatan kelompok
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Tanggung jawab
|
Menggunakan dan menyimpan alat
percobaan dengan benar
|
4
|
3
|
2
|
1
|
2. Penilaian
Tugas Mandiri: Latihan Soal
Dilaksanakan setelah proses
pembelajaran sebagai Pekerjaan Rumah dengan teknik penilaian sebagai berikut:
a. Penilaian : Tes tulis
b. Instrumen : PG beralasan
c. Format
penilaian :
Nomor Soal
|
Nilai
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
0
|
|
1
|
|||||
2
|
|||||
…
|
d. Rubrik :
Jawaban
|
Alasan
|
Nilai
|
Benar
|
Benar
|
4
|
Benar
|
Kurang
tepat/kurang lengkap
|
3
|
Salah
|
Benar
|
2
|
Benar
|
Salah/tidak
ada
|
1
|
Salah
|
salah
|
0
|
3. Penilaian
Kognitif
Dilakukan setelah selesai
pembelajaran dalam bentuk ulangan harian dengan teknik penilaian sebagai
berikut:
a. Penilaian : Tes tulis
b. Instrumen : PG beralasan
c. Rubrik :
Jawaban
|
Alasan
|
Nilai
|
Benar
|
Benar
|
4
|
Benar
|
Kurang
tepat/kurang lengkap
|
3
|
Salah
|
Benar
|
2
|
Benar
|
Salah/tidak
ada
|
1
|
Salah
|
salah
|
0
|