Untuk
meningkatkan penguasaan konsep dan afeksi serta mengembangkan karakter positif
peserta didik, π-log (physics-blog) berwawasan karakter pada pembelajaran
fisika akan diterapkan. π-log merupakan
sebuah software berbasis web yang memadukan fungsi web dan blog dalam satu
konsep weblog berupa perangkat pembelajaran, baik berupa RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran), kegiatan siswa, media pembelajaran (simulasi
komputer maupun video bersumber dari internet maupun swakarya sendiri) yang
berwawasan pada Pendidikan Karakter Bangsa (PKB).
Karakter dapat
ditumbuh kembangkan jika setiap individu anak didik memiliki teladan yang mampu
menggiringnya dalam ranah yang jelas, tegas, dan benar. Semua individu adalah
pelaku pendidikan karakter. Di sekolah, pendidikan karakter harus dimulai
dari guru. Guru bukan hanya mengajarkan pelajaran karakter, tetapi guru harus
mampu menempa dirinya agar berkarakter. Anak didik bukan barang mati yang dapat
diperdaya dengan cerita berbagai contoh baik, tetapi guru tidak melakukan hal itu.
Pendidikan karakter mengedepankan contoh dan perilaku dari pada ilustrasi angka
yang mereduksi hakikat karakter sendiri. Materi pendidikan karakter dipahamkan
melalui kegiatan belajar mengajar dalam metode, dan bukan berupa yang diperoleh
melalui tes.
Pendidikan
karakter dapat diimplementasikan dalam setiap pelajaran, termasuk Fisika di
dalamnya. Guru harus benar-benar memiliki sikap yang jelas dalam menjalani
kesehariannya karena itulah hakikat karakter. Sikap dan perilaku yang tegas dan
jelas didasarkan pada kebenaran moral tentu menjadi acuan anak didik dalam
berpikir. Guru harus mampu menjadi inspirator setiap anak didik dalam belajar.
Merujuk kepada
taksonomi Bloom, keberhasilan belajar
dapat diukur dalam tiga ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam
prosesnya, pendidikan seringkali berhenti pada ranah kognitif. Standar
evaluasinya pun diukur dari ranah kognitif saja. Selama ini pendidikan karakter
yang merupakan ranah afektif, kurang diperhatikan evaluasinya. Outputnya pun
kemudian tidak akan berbanding lurus, siswa yang tingkat kognitifnya tinggi
tidak selalu baik karakternya.
Selain berwawasan
PKB, π-log ini juga diarahkan untuk menganalisis keterampilan berpikir krtitis
(KBK), literasi sains, serta habits of mind (HoM) anak didik.
Wah...
BalasHapus