RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 1
Bandung
Mata
Pelajaran : IPA
(Fisika)
Kelas/Semester : VIII/1
Materi
Pokok : Hukum
Newton (Gerak Pada Benda)
Alokasi
Waktu : 4 pertemuan
(8 JP)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1. 1.Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1. 2. Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2. 1.Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2. 2.Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3. 1.Memahami
gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak, serta penerapannya pada gerak
makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
Indikator:
3. 1.
1. Menjelaskan
konsep gaya
3. 1.
2. Membedakan
gaya sentuh dan gaya tak sentuh
3. 1.
3. Menjelaskan
konsep kelembaman benda
3. 1.
4. Menganalisis
penerapan Hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari
4. 1.Melakukan
penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh
gaya terhadap gerak
Indikator:
4. 1.
1. Melakukan
penyelidikan tentang gerak benda dengan resultan gaya sama dengan nol
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
1
1. Melalui
kegiatan demonstrasi, peserta didik dapat menjelaskan konsep gaya.
2. Melalui
kegiatan demonstrasi, peserta didik dapat membedakan gaya sentuh dan gaya tak
sentuh.
3. Melalui
kegiatan mengamati video yang terdapat dalam π-log, peserta didik dapat menyelidiki dan menjelaskan sifat
kelembaman benda.
4. Melalui
kegiatan percobaan, peserta didik dapat menyelidiki gerak benda dengan resultan
gaya sama dengan nol
5. Melalui
kegiatan presentasi, peserta didik dapat menyatakan hasil percobaan,
membenarkan prosedur, dan menyajikan argumen.
6. Melalui
kegiatan mengamati video yang terdapat dalam π-log dan diskusi, peserta didik dapat mengomunikasikan dan menjelaskan
contoh penerapan Hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari.
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
-
Gaya
-
Gaya sentuh dan gaya tak sentuh
-
Kelembaman
-
Hukum I Newton
E.
Metode
Pembelajaran
Metode : Demonstrasi, Praktikum, Diskusi, Ceramah
Pendekatan : Saintifik
Strategi : π-log
Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. π-log (berisi
teks, dan gambar, dan video tentang pembelajaran terkait)
2. Alat
dan bahan
a. Pertemuan
1: buku, plastisin, magnet, jarum, beban, pengait beban, katrol meja, tali, neraca
pegas
3. Sumber
belajar
a. Buku
pegangan peserta didik
b. π-log
c. Sumber
lain yang relevan (Internet dan video animasi)
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1 (2 JP)
Guru
|
Peserta didik
|
Aspek KBK yang diharapkan muncul
|
KD
|
Waktu (menit)
|
Pendahuluan
(15 menit)
|
||||
Guru mengucapkan salam dan menyapa
peserta didik
|
Peserta didik menjawab salam dan
sapaan dari guru
|
3
|
||
Guru meminta wakil peserta didik untuk
memimpin doa sebelum pembelajaran
|
Peserta didik berdoa bersama guru
untuk memulai pembelajaran
|
|||
Guru melakukan demonstrasi dengan
mendorong buku hingga buku bergerak
|
Peserta didik mengamati demonstrasi
|
2. 1
|
2
|
|
Guru memberikan pertanyaan kepada
peserta didik, “Mengapa buku ini dapat
bergerak?”
|
Peserta didik menjawab, “Karena Ibu mendorong buku.”
|
Analysis,
explanation
|
||
Guru melanjutkan demonstrasi dengan
menekan plastisin hingga berubah bentuk
|
Peserta didik mengamati demonstrasi
|
2
|
||
Guru memberikan pertanyaan kepada
peserta didik, “Mengapa plastisin ini
berubah bentuknya?”
|
Peserta didik menjawab, “Karena Ibu menekan plastisin.”
|
Analysis,
explanation
|
||
Guru melanjutkan demonstrasi dengan
mendekatkan sebuah magnet batang pada beberapa jarum hingga jarum bergerak
|
Peserta didik mengamati demonstrasi
|
2
|
||
Guru memberikan pertanyaan kepada
peserta didik, “Mengapa jarum bergerak?
Padahal Ibu tidak mendorong atau menekannya.”
|
Peserta didik menjawab, “Magnet menarik jarum sehingga jarum
tertarik (bergerak).”
|
Analysis,
explanation
|
||
Guru kembali mengajukan pertanyaan, “Jadi mengapa dengan memberikan dorongan,
tekanan, atau tarikan benda dapat bergerak atau berubah bentuk?”
|
Peserta didik menjawab, “Karena saat benda didorong, ditekan, atau
ditarik maka benda tersebut diberi gaya sehingga dapat bergerak dan berubah
bentuk.”
|
2
|
||
“Bagus.
Jadi apa yang kalian tahu tentang gaya?”
|
“Gaya
adalah tarikan atau dorongan”, “gaya
dapat mengubah bentuk benda”, “gaya dapat membuat benda bergerak.”
|
Interpretation,
analysis, explanation
|
1. 1
1. 2
2. 1
3. 1
|
|
“Lalu,
apa bedanya gaya yang Ibu berikan pada buku dan plastisin dengan gaya yang
magnet berikan pada jarum?”
|
“Gaya
yang Ibu berikan pada buku dan plastisin merupakan gaya sentuh sedangkan gaya
yang magnet berikan pada jarum merupakan gaya tak sentuh.”
|
Interpretation,
analysis, explanation
|
3
|
|
“Ya.
Gaya dapat dibedakan menjadi gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Kira-kira, apa
perbedaan dari kedua jenis gaya ini?”
|
“Gaya
sentuh membutuhkan kontak langsung dengan benda yang dikenai gaya sedangkan
gaya tak sentuh tidak membutuhkan.”
|
|||
Guru memberikan informasi tujuan
pembelajaran dan kegiatan pembelajaran mengenai Hukum I Newton
|
Peserta didik memahami tujuan
pembelajaran yang disampaikan guru
|
1
|
||
Kegiatan
inti (50 menit)
|
||||
Guru membagi peserta didik menjadi
delapan kelompok
|
Peserta didik menempatkan diri untuk
duduk secara berkelompok
|
2
|
||
Guru meminta perwakilan kelompok untuk
mengambil LKS
|
Perwakilan setiap kelompok peserta didik
mengambil LKS kemudian membagikan LKS kepada masing-masing anggota
kelompoknya
|
|||
Guru menunjukkan video di dalam π-log tentang beberapa demonstrasi
sifat kelembaman benda
|
Peserta didik mengamati video yang
ditunjukkan guru
|
2. 1
2. 2
|
1
|
|
Guru memfasilitasi peserta didik untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam LKS terkait video yang telah ditampilkan
|
Peserta didik mengerjakan LKS terkait
video yang telah ditampilkan
|
Interpretation,
analysis, inference, explanation
|
7
|
|
Guru memfasilitasi peserta didik untuk
melakukan percobaan
|
Peserta didik melakukan kegiatan
percobaan (LKS 1 terlampir)
|
Interpretation,
analysis, inference, explanation, self regulation
|
1. 1
1. 2
2. 1
2. 2
3. 1
4. 1
|
15
|
Guru berkeliling memonitor, mengawasi,
dan membimbing peserta didik
|
||||
Guru menyarankan peserta didik untuk
mempelajari bagian Hukum I Newton
|
Peserta didik secara berkelompok
berdiskusi mengenai percobaan yang dilakukan dan menjawab pertanyaan pada LKS
|
10
|
||
Guru secara acak meminta beberapa
wakil kelompok untuk mengungkapkan hasil diskusinya
|
Perwakilan kelompok yang ditunjuk
mengungkapkan hasil diskusinya
|
Explanation
|
10
|
|
Penutup
(20 menit)
|
||||
Guru membimbing peserta didik untuk
menarik kesimpulan
|
Peserta didik menyimpulkan hasil
pembelajaran yang telah dilakukan:
-
Benda dapat bergerak dan berubah bentuk apabila diberi gaya.
-
Gaya dapat dibedakan menjadi gaya sentuh dan gaya
tak sentuh.
-
Setiap benda memiliki sifat kelembaman (inersia)
sehingga benda cenderung mempertahankan keadaan geraknya.
-
Hukum I Newton membahas tentang ke-cenderungan
benda untuk mempertahankan keadaan gerak atau diamnya.
-
Menurut Hukum I Newton, benda akan tetap diam atau
tetap bergerak dengan kecepatan konstan jika resultan gaya yang bekerja pada
benda sama dengan nol (ΣF = 0).
|
Interpretation,
inference, analysis, explanation, evaluation
|
3. 1
|
5
|
Guru menunjukkan video konfirmasi di
dalam π-log tentang Hukum I Newton
|
Peserta didik mengamati video
|
4
|
||
Guru meminta peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan terkait pembelajaran pada pertemuan ini
|
Peserta didik mengajukan pertanyaan
|
2. 1
|
4
|
|
Guru melempar pertanyaan yang diajukan
untuk dijawab oleh peserta didik lain
|
Peserta didik lain menjawab pertanyaan
yang diajukan
|
|||
Guru menunjukkan video di dalam π-log tentang telur mentah dan telur
rebus yang diputar kemudian disentuh perlahan
|
Peserta didik mengamati video
|
4
|
||
Guru memberikan pertanyaan, “Mengapa telur mentah tetap berputar?”
|
Peserta didik menanggapi video, “Saat telur
mentah diputar kemudian disentuh, telur tetap berputar karena telur mentah
memiliki sifat kelembaman yang dapat menahan gerak sentuhan sehingga
mempertahankan keadaan geraknya (tetap berputar).”
|
Analysis,
explanation, evaluation
|
||
Guru memberikan konfirmasi
|
Peserta didik memerhatikan dengan
seksama
|
3
|
||
Guru menugaskan kepada peserta didik
untuk membuka π-log dan berdiskusi
(memberikan komentar terhadap postingan) untuk menganalisis penerapan Hukum I
Newton yang terjadi dalam fenomena-fenomena pada video yang diposting dalam π-log
|
||||
Guru memotivasi peserta didik untuk
selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa gaya yang dapat kita lakukan dan
gerak benda yang merupakan wujud kebesaran Tuhan.
|
1. 1
1. 2
|
|||
Guru memberikan informasi bahwa materi
untuk pem-belajaran selanjutnya adalah Hukum II Newton, guru menyarankan
peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya baik dari buku siswa
maupun π-log
|
||||
Guru mengucapkan salam
|
Peserta didik menjawab salam
|
H.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Penilaian
Kinerja
Dilaksanakan selama proses percobaan
dengan menggunakan teknik penilaian sebagai berikut:
a. Penilaian : Observasi
b. Instrumen : Lembar observasi
c. Format
penilaian :
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
||
3
|
2
|
1
|
|
Mengamati
|
|||
Menanya
|
|||
Mengumpulkan data
|
|||
Mengomunikasikan
|
|||
Jumlah Skor yang
Diperoleh
|
d. Rubrik :
Aspek
|
Indikator
|
Rubrik
|
Skor
|
Mengamati
|
Mengamati proses percobaan
|
Mengamati percobaan secara serius (tidak
main-main, fokus) dan teliti.
|
3
|
Mengamati percobaan kurang serius
(terkadang memainkan hp, mengobrol dengan teman, melamun) dan kurang teliti
(menjatuhkan alat, menyimpan alat pada posisi yang tidak seharusnya).
|
2
|
||
Tidak mengamati proses percobaan.
|
1
|
||
Menanya
|
Terlibat dalam diskusi
|
Terlibat aktif (menyatakan pendapat/menanya
dan/atau memberikan solusi) dalam diskusi
|
3
|
Terlibat pasif (hanya mengikuti diskusi
tanpa memberikan pendapat/menanya atau memberikan solusi) dalam diskusi
|
2
|
||
Tidak terlibat dalam diskusi
|
1
|
||
Mengumpul-kan data
|
Melakukan percobaan
|
Melakukan praktik yang sesuai dengan
seluruh prosedur yang ada.
|
3
|
Melakukan praktik hanya dengan sebagian
prosedur yang ada.
|
2
|
||
Tidak melakukan praktik yang sesuai dengan
prosedur yang ada.
|
1
|
||
Meng-komunikasi-kan
|
Meng-komunikasikan hasil percobaan
|
Mengomunikasikan hasil percobaan dengan
benar dan bahasa yang mudah dimengerti.
|
3
|
Mengomunikasikan hasil percobaan dengan
kurang benar dan/atau bahasa yang kurang dimengerti.
|
2
|
||
Mengomunikasikan hasil praktik dengan tidak
benar, bahasa sulit dimengerti, atau tidak mengomunikasikan sama sekali
|
1
|
2. Penilaian
Afektif
Dilaksanakan secara terpadu selama
proses pembelajaran dengan menggunakan teknik penilaian sebagai berikut:
a. Penilaian : Daftar ceklis
b. Instrumen : Penilaian diri dan penilaian
teman sebaya
c. Format
penilaian :
No
|
Nama anggota kelompok
|
Kejujuran
|
Ketelitian
|
Kerja sama
|
Tanggung Jawab
|
||||||||||||
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
||
1
|
|||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||
…
|
d. Rubrik :
Aspek
|
Deskripsi
|
Skor
|
|||
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
||
Kejujuran
|
Menuliskan hasil percobaan sesuai
dengan data yang diperoleh
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketelitian
|
Melakukan percobaan dan menjawab
pertanyaan dengan teliti (tidak asal-asalan)
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Kerja sama
|
Mampu bekerja sama dalam setiap
kegiatan kelompok
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Tanggung jawab
|
Menggunakan dan menyimpan alat
percobaan dengan benar
|
4
|
3
|
2
|
1
|
2. Penilaian
Tugas Mandiri: Latihan Soal
Dilaksanakan setelah proses pembelajaran
sebagai Pekerjaan Rumah dengan teknik penilaian sebagai berikut:
a. Penilaian : Tes tulis
b. Instrumen : Soal essay
c. Format
penilaian :
Nomor Soal
|
Nilai
|
||
3
|
2
|
1
|
|
1
|
|||
2
|
|||
…
|
d. Rubrik :
Nilai
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
3
|
Baik
|
Jawaban benar
dan lengkap
|
2
|
Cukup
|
Jawaban benar
dan kurang lengkap
|
1
|
Kurang
|
Jawaban salah
dan kurang lengkap
|
3. Penilaian
Kognitif
Dilakukan setelah selesai
pembelajaran dalam bentuk ulangan harian dengan teknik penilaian sebagai
berikut:
a. Penilaian : Tes tulis
b. Instrumen : PG beralasan
c. Rubrik :
Jawaban
|
Alasan
|
Nilai
|
Benar
|
Benar
|
4
|
Benar
|
Kurang tepat/kurang
lengkap
|
3
|
Salah
|
Benar
|
2
|
Benar
|
Salah/tidak
ada
|
1
|
Salah
|
salah
|
0
|
Saya Putri Ayu dari kelas 8.11 masih tidak mengerti pada saat ada kursi yang diatasnya ada buku (kursi A) di dorong dan bertabrakan dengan kursi lain (kursi B),buku yang semula ada di kursi A menjadi berpindah ke kursi B
BalasHapusBegini Putri, hal tersebut terjadi karena buku memiliki sifat kelembaman. Sifat kelembaman adalah kecenderungan benda untuk mempertahankan keadaan diam atau geraknya. Pada kasus ini, buku yang semula bergerak (bergerak bersama kursi) akan mempertahankan keadaan geraknya. Saat kursinya saling bertabrakan, buku masih ingin bergerak ke arah depan sehingga buku "loncat" ke kursi di depannya. Bagaimana? Sudah jelas belum?
BalasHapusOh ya, jangan lupa komentar post-an yang lain yaa..! Dari laman ini, scroll down sampe bawah banget ada link "posting lama", klik deh! Banyak video lain yang mungkin bisa membantu kamu memahami ini.. :) Teman-teman Putri juga sudah ada yang komentar dengan analisis video yang tepat. Jadi bisa saling share pemahaman dan pengetahuan.. :) Tetap semangaaat ^_______^
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusUntuk belajar lebih banyak, baca juga postingan yang lain ya! Semangat!
BalasHapusUntuk belajar lebih banyak, baca juga postingan yang lain ya! Semangat!
BalasHapus