RPP Perubahan Wujud (Meganita S.)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                : SMP Negeri 26 Bandung
Kelas/Semester    : VII (Tujuh) / I
Mata / Pelajaran   : IPA-Fisika
Alokasi Waktu    : 4 x 40’ (2 x Pertemuan)
Sub Konsep         : Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia

A.     Standar Kompetensi
4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia.

B.     Kompetensi Dasar
4.3 Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana.

A.    Indikator
Pertemuan pertama :
1.      Menjelaskan pengertian materi.
2.      Menjelaskan sebab-sebab terjadinya perubahan fisika.
3.      Menyebutkan ciri-ciri perubahan fisika.
4.      Mengamati beberapa peristiwa yang menunjukkan perubahan fisika.
5.      Menerapkan perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari.
6.      Menjelaskan sebab-sebab terjadinya perubahan kimia.
7.      Menyebutkan ciri-ciri perubahan kimia.
8.      Mengamati beberapa peristiwa yang menunjukkan perubahan kimia.
9.      Menerapkan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Pertemuan kedua :
1.      Melakukan percobaan sederhana mengenai perubahan fisika
2.      Melakukan percobaan sederhana mengenai perubahan kimia
3.      Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan perubahan fisika berdasarkan percobaan
4.      Membuat kesimpulan dari hasil percobaan perubahan fisika dan perubahan kimia


B.     Tujuan Pembelajaran
Dengan melakukan pembelajaran melalui Strategi Penggunaan “π-log”, diharapkan peserta didik dapat meningkatkan penguasaan konsep dan melakukan  percobaan yang berkaitan dengan perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar

C.     Materi Ajar
Mater dan Perubahannya
1.     Materi
Apakah kamu tahu apa yang disebut materi? Segala sesuatu di alam ini tergolong materi. Pada dasarnya segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang dapat digolongkan sebagai materi. Sebagai contoh, batu dan air tergolong suatu materi, karena keduanya memiliki massa dan volume
Apa saja wujud materi itu? Materi dapat berwujud padat, cair, dan gas. Materi berwujud padat mempunyai bentuk tertentu, materi berwujud cair dan gas memiliki bentuk mengikuti bentuk wadahnya. Materi berwujud padat dan cair mempunyai volum tertentu. Sedangkan gas memiliki volume yang tidak tentu, tergantung tempatnya. Materi berwujud padat tidak dapat ditekan, materi cair sukar di tekan, tetapi gas dapat di tekan karena massa jenisnya kecil. Dapatkah kamu membedakan antara materi padat, cair, dan gas? Apakah contoh materi yang berwujud padat, cair, dan gas?

2.     Perubahan Fisika
Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak menghasilkan materi baru, yang berubah hanya bentuk dan wujud materi. Meskipun materi tersebut mengalami perubahan bentuk dan wujud, tetapi sifat fisikanya masih dimiliki. Perubahan fisika hanya bersifat sementara karena setelah berubah dapat dikembalikan ke materi asalnya. Misalnya, air yang berubah menjadi es batu tidak menghasilkan materi baru. Es batu adalah air dalam wujud padat. Jadi, yang berubah hanya wujudnya saja, sedangkan sifatnya tidak berubah. Es batu dapat dirubah lagi wujudnya menjadi air dengan cara dipanaskan.
Berikut ini adalah contoh bentuk perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari:
1)      Perubahan air menjadi es batu (membeku)
2)      Perubahan uap air menjadi air (mengembun)
3)      Perubahan air menjadi uap air (menguap)
4)      Lilin yang meleleh
5)      Perubahan dari kayu menjadi meja
6)      Perubahan kain menjadi baju dan celana
7)      Gula larut ke dalam air
8)      Garam dilarutkan kedalam air
9)      Bola lampu yang menjadi panas karena menyerap energi listrik

3.     Perubahan Kimia
Perubahan kimia adalah perubahan yang menghasilkan materi baru dengan sifat yang berbeda dengan materi semula. Perubahan kimia disebut juga reaksi kimia. Suatu materi yang mengalami perubahanhan kimia tidak dapat dikembalikan lagi kepada keadaan semula. Contohnya adalah perubahan dari besi menjadi karat besi. Sifat dari karat besi sangat berbeda dengan sifat besi. Karat besi tidak dapat di ubah lagi menjadi besi.
Perubahan kimia yang terjadi pada suatu materi dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini adalah penyebab terjadinya perubahan kimia dan contoh perubahan kimia yang diakibatkannya.
a.       Proses bernafas
Proses bernafas mengubah oksigen menjadi karbon dioksida. Perubahan oksigenj menjadi karbon dioksida termasuk perubahan kimia.
b.      Proses fotosintesis
Proses fotosintesis merubah gas karbon dioksida dan air menjadi gas oksegen dan karbohidrat. Perubahan tersebut termasuk perubahan kimia.
c.       Pembakaran
Kayu dibakar menjadi arang merupakan contoh perubahan kimia
d.      Perkaratan

Perkaratan adalah reaksi oksigen menembus ke dalam celah-celah besi sehingga lama kelamaan terbentuk karat pada celah-celah tersebut. Perubahan besi menjadi karat adalah contoh perubahan kimia.
e.       Pembusukan
Contoh perubahan kimia karena adanya organisme adalah roti menjadi berjamur, nasi yang membusuk, dan susu yang menjadi masam.
f.       Fermentasi
Contoh perubahan kimia karena proses fermentasi adalah perubahan dari singkong atau beras menjadi tape.
g.      Pemasakkan
Contoh perubahan kimia disebabkan oleh proses pemasakkan.

D.    Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran    : Direct Intraction Strategi “π-log”
Metode Pembelajaran  : Diskusi, Informasi, Demonstrasi, Tanya Jawab
Strategi Pembelajaran  : Strategi “π-log”

E.     Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN PERTAMA
Kegiatan Pembelajaran
Karakter Siswa yang Diharapkan
Pendahuluan (10 menit)
Apersepsi dan Motivasi
Siswa membaca do’a
Religius
Guru mengucapkan salam pembuka dan memeriksa kehadiran siswa.
Religius
Motivasi dan apersepsi
     Apakah merebus air tergolong perubahan fisika atau perubahan kimia?
     Apakah gula pasir yang telah dicampur dengan air dapat dipisahkan kembali?
Prasyarat pengetahuan
     Apakah ciri-ciri perubahan fisika?
    Bagaimana sebab-sebab terjadinya perubahan fisika?
Kreatif dan komunikatif
Kegiatan Inti (65 menit)
Eksplorasi
     Guru menjelaskan sebab-sebab terjadinya perubahan fisika.
     Guru mengarahkan siswa untuk menyebutkan ciri-ciri perubahan fisika.
     Siswa di bimbing guru untuk mengamati beberapa peristiwa yang menunjukkan perubahan fisika.
     Siswa menyebutkan perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari.
     Guru menjelaskan sebab-sebab terjadinya perubahan kimia.
     Guru mengarahkan siswa untuk menyebutkan ciri-ciri perubahan kimia.
     Siswa di bimbing guru untuk mengamati beberapa peristiwa yang menunjukkan perubahan kimia.
     Siswa menyebutkan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Tanggung jawab
Siswa menyimpulkan perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia menurut pemahaman mereka.
Kritis, Percaya diri
Siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru
Tekun, berpikir
Konfirmasi
Guru memutarkan salah satu video yang ada dalam blog fisika yang berkaitan dengan perubahan fisika dan kimia.. Kemudian guru mengkonfirmasi hasil dari kegiatan yang telah dilakukan siswa.
Perhatian Semangat
Penutup (5 menit)

Siswa menyimpulkan pelajaran hari ini.
Kritis dan komunikatif
Siswa diharuskan membuka blog fisika untuk mengerjakan  tugas dan membaca yang akan dipelajari esok hari. Berikan komentar, pertanyaan, atau pernyataan mengenai materi yang akan dipelajari esok hari.
Perhatian
Guru mengucapkan salam penutup.
Religius

PERTEMUAN KEDUA
Kegiatan Pembelajaran
Karakter Siswa yang Diharapkan
Pendahuluan (10 menit)
Apersepsi dan Motivasi
Siswa membaca do’a
Religius
Guru mengucapkan salam pembuka dan memeriksa kehadiran siswa.
Religius
-          Apersepsi
Apa yang telah kalian baca serta pelajari materi perubahan fisika dan kimia ini lewat blog fisika?
Perubahan apa yang terjadi saat batu es mencair?
Perubahan apa yang terjadi saat pembuatan singkong menjadi tape?
Pra eksperimen
-      Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
Kreatif dan komunikatif
Kegiatan Inti (65 menit)
Eksplorasi
Guru mengkondisikan siswa untuk duduk secara berkelompok
Tanggung jawab
Beberapa siswa dengan bimbingan guru melakukan percobaan sederhana dengan menggunakan es batu, gelas, korek api, dan kertas untuk mengamati ciri-ciri perubahan fisika dan perubahan kimia dari dari suatu materi
Kritis, Percaya diri, Rasa Ingin Tahu
Siswa mengisi LKS untuk menentukan alat dan bahan serta prosedur percobaan dengan pengetahuan yang sudah dibaca dalam blog fisika
Kritis
Kreatif
Semua siswa melakukan percobaan dengan anggota kelompoknya masing-masing.
Perhatian, Rasa Ingin Tahu
Saat percobaan berlangsung, peserta didik harus mengisi LKS bagian hasil pengamatan dengan menuliskan hasil pengamatan peserta didik.
Jujur
Tanggung jawab
Perhatian
Komunikatif
Guru membimbing setiap kelompok secara bergiliran
Elaborasi
Siswa mendiskusikan hasil pengamatan yang diperoleh dari percobaan sederhana tersebut serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam LKS.
Kritis, kerja sama
Siswa menyebutkan contoh perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Kritis, Komunikatif, dan Percaya Diri
Siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru
Tekun, berpikir
Konfirmasi
Guru memutarkan salah satu video yang ada dalam blog fisika yang berkaitan dengan perubahan fisika dan perubahan kimia sebagai penguatan. Kemudian guru mengkonfirmasi hasil dari kegiatan yang telah dilakukan siswa.
Perhatian Semangat
Penutup (5 menit)

Siswa menyimpulkan pelajaran hari ini.
Kritis dan komunikatif
Siswa diharuskan membuka blog fisika untuk mengerjakan tugas. Berikan komentar, pertanyaan atau pernyataan mengenai materi yang telah disampaikan.
Perhatian
Guru mengucapkan salam penutup.
Religius

A.    Sumber Belajar
-          Buku Pegangan siswa Fisika Kelas VII semester I
-          Informasi dari internet, dan berbagai buku yang relevan dengan materi yang sedang dipelajari yaitu terkait pemuaian
-          Alat dan bahan dari laboratorium IPA : seperangkat alat dan bahan praktikum.
-          Video
-          Lembar Diskusi siswa / Lembar kerja Siswa


B.     Penilaian Hasil Belajar
Latihan Soal
Pertemuan 1
1.      Perubahan materi adalah . . . .
2.      Perubahan fisika adalah . . . .
3.      Ciri-ciri dari perubahan fisika adalah . . . .
4.      Sebutkan contoh Perubahan fisika yang terjadi karena perubahan wujud zat!
5.      Perubahan kimia adalah . . . .
6.      Ciri-ciri dari perubahan kimia adalah . . . .
7.      Beras yang dimasak menjadi nasi merupakan proses perubahan ?
8.      Pada peristiwa lilin yang menyala secara bersamaan telah perjadi perubahan apa saja? Jelaskan secara singkat.
9.      Sebutkan bentuk-bentuk perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari!(minimal 3)
10.  Sebutkan bentuk-bentuk perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari!(minimal 3)
Pertemuan 2
Coba ceritakan kembali percobaan sederhana yang sudah tadi kalian lakukan bersama kelompok kalian!

Afektif
Rubrik Penilaian Hasil Belajar
Aspek Penilaian
Teknik Nilai
Keterangan
Kognitif
PG
Bobot nilai 1
nilai 1 untuk jawaban benar dan 0 untuk jawaban salah
Uraian singkat
Bobot nilai 1
nilai 1 untuk jawaban benar
Essay
Bobot nilai 5
5 : prosesnya sangat lengkap dan benar
4 : prosesnya sangat lengkap dan hasil salah
3 : prosesnya lengkap dan kurang benar
2 : prosesnya kurang lengkap dan kurang benar
1 : prosesnya tidak lengkap dan tidak benar
Afektif
5 : sangat baik
4 : baik
3 : cukup baik
2 : kurang baik
1 : tidak baik
A = 5
B = 4
C = 3
D = 2
E = 1
psikomotor
5 : sangat baik
4 : baik
3 : cukup baik
2 : kurang baik
1 : tidak baik
A = 5
B = 4
C = 3
D = 2
E = 1



   
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar